3 Oktober 2008

Cerita mudik lebaran, yang aneh.

First of all..
Selamat Lebaran people!
Minal aidin walfaidzin.. mohon maaf lahir dan batin..



Lebaran gue kemaren diiringi musibah-musibah kecil (dan sedikit mistis) di rumah nenek gue di Ciamis. Jadi begini ceritanya..



Malem takbiran, gue terkapar karna flu berat. Setelah minum obat, gue memutuskan tidur di ruang tengah (gelar kasur gitu) bareng abang gue. Abis ga tau idung gue yang ganjen apa emang saat itu debu lagi berlebihan banget di kamar biasa tempat gue tidur kalo mudik kesana, bawaannya gue jadi hacim-hacim melulu. Ingus meler ga brenti-brenti.. Jadi lah itu gue lebih milih di ruang tengah yang terasa lebih steril. Hahaha. Gaya bet.



Trus, sekitar jam setengah 3, gue kebangun setengah sadar karna selimut gue basah ujungnya. Ohmaigod, gue sempet ngira masa iya gue ngompol, tapi setelah make sure celana ga basah (ahahayy jijay bajay), gue tertidur lagi. Setengah jam kemudian, which is itu jam 3 pagi, gue kebangun lagi karna masalah yang sama, yaitu selimut basah, dan basahnya uda nyampe ke betis. Siapa yang ga kebangun coba? Air di kampung dingin banget geto..



Trus gue sempet merasa mimpi ada orang lagi ngepel kali ya aernya sampe ke selimut gue gini.. Eh pas gue kebangun sampe duduk, BANJIR LOKAL BOKKKK! Kasurnya basah! Omaigod omaigod! Tapi masih di pinggir-pinggir doang tuh. Dan setelah gue telusuri, ternyata keran bak cuci tangan kebuka dan ngocor deres gitu airnya. Dan sialnya lagi, lubang pembuangannya tuh ternyata ketutup sehingga aer bleberan kemana-mana.. Fyi, ruang tengah sangat dekat dengan dapur. Tapi kekagetan gue ga sampe situ aja. Ternyata, aernya sampe masuk ke kamar-kamar, ke ruang tamu, ke kamar setrikaan, ke ruang makan, ke teras.. OHMAIGOD! Dan mending kalo cuma genangan-genangan doang. Lha ini.. Kerendem hampir nyampe mata kaki gue gitu.. Di kejauhan gue ngeliat sendal tante gue ngambang-ngambang.. Hahahahahahaha. Gue kira ikan.



Ga lama gue bangunin deh tuh seantero rumah. Tapi berhubung penghuni rumah cuma bokap gue, nyokap gue, abang, sepupu gue 1, mamanya (tante gue), sama nenek gue, beresin hal itu semua tentu ga gampang, bukan? Apalagi yang berhasil bangun pertama-tama adalah tante gue yang langsung lemes liat aer dimana-mana. Dia cuma bisa duduk di pinggiran tempat tidurnya, sambil ngomong dalam bahasa sunda yang sumpah bikin gue saat itu malah ketawa ngakak (kurang goblok apa gue coba?). Trus gue kaya ga mudeng gitu, setelah bangunin tante gue, gue malah pengen coba tidur lagi.. Haha.. Tapi abis itu gue langsung bangunin abang gue yang susya bener dibangunin, trus nyokap gue, yang juga ntah kenapa susah bgt bangunnya. Gue bangunin beliau sambil ngomong, "Ma bangun ma.. tsunami ma.. kita di Titanic ma..". Eh sumpah ya gue ga lebay, tapi emang saat itu aer dimana-mana. Tas baju gue aja kerendem. Untung waterproof bahannya. Jadi cuma perlu jemur dikit aja supaya ga lembab. Baju sih aman ga basah..



Jadilah itu dari jam 3 sampe jam 5, gue, abang gue, sepupu gue, mamanya, dan nyokap gue gotong royong nyoba ngeringin rumah. Dari mulai alat pel, lap bekas, anduk (baru dan bekas), kipas sate, ember, sapu lidi, dikeluarin semuanya. Hahahaha. Gue sempet frustasi banget aernya kayanya ga abis-abis.. Tapi orang sabar pasti diberkahi, kering juga siy ujung-ujungnya. Bakat cleaning service semua orang pada keluar dini hari itu. Setelah gantian ama abang gue dan sepupu gue buat make pel, gue akhirnya milih untuk ngipas-ngipasin lantai yang uda ga ada genangannya aja. Hehe. Pegel juga bokk ngepel mulu. Enakan kipas-kipasin. Bisa sambil duduk. Kaki ga gemeteran. Hoho curang abiss.



ngipas ubin pake kipas sate, selesenya taun depan.

Anehnya, ga ada satu orang pun yang ngaku nyalain keran bak cuci tangan. Pada ga abis pikir gitu.. Nenek gue yang uda pikun sejagat juga kayanya ga mungkin deh. Karna kamarnya dia agak jauh dari TKP, dan you know, satu-satunya ruangan yang ga kebanjiran, mungkin belom sempet, adalah kamarnya nenek gue itu. Gue aja baru tidur jam 1, bokap yang paling terakhir tidur sekitar jam setengah dua-an, dan kalo dipikir-pikir tuh kejadian berlangsung antara setengah 2-setengah 3. Tapi gokilnya, dalam waktu sesingkat itu bisa bikin banjir lokal di rumah. Pada mikirnya sih, apa ini teguran ya supaya rumah dibersihin nyambut lebaran..? Yaa tapi ga pas mau solat Ied juga kali.. Aneh banget deh.

Lalu, abis itu gue solat Ied dengan rasa ngantuk yang dahsyat banget.

Pulang solat Ied, as usual kita ziarah ke makam-makam gitu. Dan nyampe ke rumah, cobaan gue masih menanti. Sekitar jam 12 malem gue harus ke wc, which is kalo di kampung tuh wc agak terpisah dari rumah ya pemirsa, mana di sampingnya wc ada sumur.... Horor abis. Tapi apa daya, pangilan alam lebih kuat, jadinya gue cuek sambil bebacaan ke wc malem-malem gitu. Mau minta temenin, uda pada tidur semua saking pada kurang tidur akibat insiden pagi buta itu. Hahaha. Trus sambil semriwing-semriwing, yang gue bingung akibat lg pup ato ada yg lewat, gue baru ngerasa kalo gue masuk angin hebat karna sepertinya klep gue bocor. Hahaha ga etis ah diomongin. Pokonya singkat kata, gue kena diare. Dan abis itu gue nyoba tidur aja.

Jam 2 malem, gue kebangun lagi karna ngimpi pengen muntah. Eh bener ternyata gue emang mau muntah. Lari-lari lah itu gue ke wc. Sendirian. Betapa menyedihkan.

Ga penting ah. Pokonya gue sakit mendadak selama di luar kota. Tapi sakitnya juga aneh. Karena setelah gue balik ke Jakarta, segala macem penyakit di gue ilang seketika. Bener-bener aneh. Selama di jalan pulang ke Jakarta (yang nyampe 9 jam bokk), ga ada tuh perasaan pingin pup or hacim-hacim hebat. Mungkin penyakit gue ini penyakit sugestiong.. Aneh deh.

Sekian pemirsa sedikit cerita mudik lebaran saya.

Kalo kurang memuaskan ato ada salah kata, maafin aja ya.. Kan harus mulai dari nol lagi. Haha.

Ciao..

2 komentar:

  1. hahahaha.. lucu abist.. bener2 pengalaman seru. klo ga gtukan ga olahraga Tan.. :p

    BalasHapus
  2. hehe
    olahraga gratisan niy.
    sampe kena diare, flu berat, muntah2, krg tidur..
    asik lah. :D

    BalasHapus